Selasa, 19 Mei 2015

SUPERFOOD - Club Sehat Store Pluit Sakti



I have committed to myself to be more healthier, eat more fruits veggies, more drink water, more plantsbased wholefoods and less meat.

Here is some of my groceries from Club Sehat Pluit.
You can open their website www.clubsehat.com or 
go to their instagram account @clubsehat

SUPERFOODS



Apple Cider Vinegar

                     



Manfaat Cuka Apel
Cuka apel (apple cider vinegar)
Meredakan nyeri sendi & menurunkan kolesterol
Cuka apel adalah cairan hasil fermentasi buah apel segar. Mengandung pektin, jenis serat larut air yang dapat mengikat kelebihan kolesterol dan logam berat dalam saluran usus dan membuangnya ke luar.
Sebagai info saja, konon orang Mesir zaman dahulu memanfaatkan cuka apel untuk mengatasi masalah berat badan. Cuka apel juga sudah digunakan sejak ratusan tahun untuk mengurangi nyeri pada artritis, mengobati sakit tenggorokan, jerawat dan gangguan kulit lainnya, hipertensi, rambut berketombe, kulit terbakar matahari.
Walaupun aroma dan rasanya asam, CUKA APEL TIDAK MENINGKATKAN KEASAMAN TUBUH. Dengan catatan, PRODUK HARUS DIBUAT SECARA ORGANIK DAN DIAMBIL DARI APEL YANG DITANAM SECARA ORGANIK PULA (tidak menggunakan pupuk dan pembasmi hama kimiawi). Produk cuka apel organik sudah dibuktikan aman dan efektif, termasuk digunakan untuk anak-anak.
MANFAAT
Cuka apel tidak membuat perut kita asam, karena bukan makanan pembentuk asam. Cuka apel mengandung zat-zat pembentuk basa, sehingga baik untuk membantu menjaga keseimbangan asam-basa tubuh.
Keseimbangan yang dibutuhkan tubuh kita adalah 80 persen basa dan 20 persen asam. Asam dalam keseimbangan asam-basa tidak ada kaitannya dengan rasa asam pada makanan. Asam pada keseimbangan asam-basa adalah nilai keasaman kimiawi suatu zat/larutan, dinyatakan sebagai pH. Sedangkan rasa asam pada makanan adalah jumlah isi/volume suatu zat dalam makanan yang membawa rasa asam. Ukuran yang digunakan adalah persentase isi atau persentase volume.
Makanan yang rasanya asam tidak selalu memiliki pH asam. Selain cuka apel, buah-buahan seperti jeruk, nanas, mangga, bahkan jeruk nipis dan jeruk lemon termasuk makanan pembentuk basa. Sebaliknya, makanan ber-pH asam tidak selalu rasanya asam. Daging yang dapat meningkatkan keasaman darah, rasanya sama sekali tidak asam. Faktor yang menentukan makanan termasuk pembentuk asam atau basa bukan rasa atau baunya, tetapi jenis kandungan mineralnya, kadar proteinnya, dan kadar airnya.
Keasaman dalam darah yang terlalu tinggi dapat menimbulkan kondisi yang disebut asidosis. Asidosis menyebabkan gangguan metabolisme, diikuti terjadinya pengentalan atau penggumpalan darah, salah gizi (malnutrisi), dan munculnya penyakit-penyakit degeneratif termasuk obesitas (kegemukan).
Selain untuk menambah cita rasa masakan dan mengempukkan daging, cuka apel sudah lama digunakan orang Barat untuk membuat berbagai ramuan tradisional. Antara lain untuk menjaga kelembapan kulit dan rambut, mengobati jerawat dan luka akibat sengatan matahari. Kombinasi cuka apel, kelp/kombu (jenis rumput laut berdaun lebar dan panjang), lesitin, dan vitamin B6 sudah digunakan orang selama puluhan tahun untuk menurunkan berat badan. Sayang belum ada data ilmiah mengenai hal ini.
Orang Romawi dahulu gemar meramu cuka apel dengan tanaman herba atau minyak esensial untuk perawatan kulit. Cuka apel berkhasiat bagi kulit karena mengandung unsur-unsur berkhasiat tonik yang dapat melancarkan sirkulasi darah dalam pembuluh darah halus pada jaringan kulit; antiseptik untuk mencegah penyebaran bakteri, virus, atau jamur yang dapat memicu infeksi; dan mengandung zat-zat nutrisi lain yang membantu membuang kelebihan lemak pada permukaan kulit dan mencegah kulit kering.

EFEK SAMPING
Tidak menimbulkan efek samping selama cuka apel tersebut organik dan digunakan sesuai aturan.
DOSIS
Dosis umum: ½ -1 sdm cuka apel dicampur dengan segelas air. Mium 2-3 kali sehari beberapa menit sebelum makan. Dosis ini juga dianjurkan bagi penderita artritis. Untuk luka akibat sengatan matahari, dinginkan cuka apel dan kompreskan langsung pada kulit sakit.
Cuka apel sebaiknya dikonsumsi beberapa saat sebelum makan. Bila belum biasa dengan rasanya, boleh ditambah 1 sdt madu atau jus buah sebagai pengganti air. Untuk anak-anak, cukup 1 sdt saja. Sebagian ahli menganjurkan minum ekstra air 2-3 gelas setelah minum cuka apel untuk lebih mempercepat pengeluaran racun dan lemak. Cuka apel juga boleh dicampurkan dalam masakan atau salad.

MENURUNKAN KEGEMUKAN ( Obesitas ) Oleh : Cyrill Scott in Apple Cider vinegar 
Campurkan 1 sendok makan CA ke dalam 1 gelas air , diminum 3 x sehari sebelum makan. Khusus untuk pagi , hendaknya diminum pagi-pagi sekali sebelum makan.
Hindari makanan yang banyak mengandung garam, perbanyak makan sayur-sayuran dan buah-buahan segar, sering menghirup nafas dalam-dalam, olah raga secara teratur dan seimbang.
MENINGKATKAN BERAT BADAN ( Weight Gain ) Refrence : Healing Leterature Journal 
Campurkan 2 sendok makan Cuka Apel kedalam 1 gelas air matang , tambahkan 2 sendok makan madu, di minum 3 kali sehari.
THERAPY GINJAL DAN KANDUNG KEMIH Refrence : Healing Leterature Journal 
Sesuai fungsi Cuka Apel sebagai Eliminative/Pembersih, ginjal dan kandung kemih akan mendapatkan efek Flushing/pembilas bila mengkonsumsi Cuka Apel sebagai teraphy.
Campurkan 2 sendok makan Cuka Apel kedalam 1 gelas air matang dan diminum 6 kali sehari. Akan sangat bermanfaat bila beberapa gelas diminum pada pagi hari.
PENCEGAHAN RAMBUT RONTOK Refrence : Healing Leterature Journal 
Rambut rontok diakibatkan karena jaringan akar rambut kekurangan potasium atau beberapa mineral lainnya, dengan mengkonsumsi Cuka Apel akan memperbaiki keseimbangan kebutuhan mineral yang dibutuhkan rambut dengan therapy.
Campurkan 1 sendok makan Cuka Apel kedalam 1 gelas air matang, diminum setelah makan atau diantara waktu makan. Atau dapat juga diikuti dengan pencegahan dari luar dengan campurkan 1 sendok makan Cuka Apel kedalam 1 gelas air matang aduk sampai rata, celupkan sisir kedalam larutan tersebut, lalu sisirkan kerambut secara pelan-pelan dan merata , biarkan selama 15 menit kemudian bilas sampai bersih.
PENYEMBUHAN AMBIEN ( Hemorrhages ) 
Refrence : Healing Leterature Journal
Cuka Apel akan membantu membekukan darah secara mudah, penderita ambien yang telah sampai menimbulkan pendarahan , dianjurkan minum 2 sendok makan Cuka Apel yang dicampur dengan 1 gelas air matang , diminum pada waktu makan 3 kali sehari.
Untuk therapy bagian luar, oleskan/kompreskan pada bagian luka ambien dengan kapas yang dibasahi dengan CA 1 sendok makan yang dicampur dengan 1 gelas air matang.
PENYEMBUHAN VARISES ( Varicose Veins ) Oleh : Healing Alternative Medicine 
Urut bagian yang mengalami varises/sakit dengan Cuka Apel ( tanpa dicampur air ). Cara mengurutnya harus mengarah kebagian jantung. Misalnya bagian yang nyeri ada di lutut, urutlah dari arah bawah/dari pergelangan kaki mengarah ke atas / ke paha. Sangat diajurkan waktu mengurut sebaiknya pagi dan malam hari.
MENCEGAH MIGRAIN ( Sakit Kepala Kronis ) Refrence : Apple Cider vinegar Literature by Cyrill Scott 
Campurkan 2 sendok makan Cuka Apel kedalam 1 gelas air matang pada setiap makan, ketika migrain sedang menyerang, campurkan cuka apel kedalam air dengan perbandingan 1 : 1 , lalu didihkan campuran tersebut, hirup uapnya sebanyak 75-80 kali.
PERAWATAN GIGI DAN PELARUT NICOTIN Refrence : Apple Cider vinegar Literature by Cyrill Scott 
Sebagai fungsi membantu metabolisme kalsium dalam tubuh, maka Cuka Apel sangat bagus untuk kesehatan gigi dan pelarut nicotin bagi perokok pada lapisan gigi. Campurkan 1 satu sendok makan CA pada 1 gelas air, gunakan untuk kumur dan gosok gigi. Dianjurkan juga minum 3 x sehari dari campuran 2 sdk mkn CA dengan 1 gelas air.
MENGEMBALIKAN TUBUH DARI KELELAHAN KRONIS (Fatigue) Refrence : Food Pharmacy By Jean carper 
Campurkan 2 sendok makan Cuka Apel pada 2 sendok makan madu murni, minum sebelum tidur. Buat campuran 4 sendok Cuka Apel kedalam ½ gelas air, usapkan larutan tersebut pada bahu, lengan, dada, perut, punggung dan paha sampai campuran tersebut meresap dalam kulit (jangan dilap dengan kain kering/handuk).
Untuk campuran di Bathup mandi, campurkan 1 botol Cuka Apel dalam air di bathup, kemudian berendamlah sekurang-kurangnya selama 15 menit.
PENCEGAHAN SAKIT TENGGOROKAN DAN AMANDEL Refrence : Food Pharmacy by Jean Carper 
Campurkan 4 sendok makan CA kedalam 1 gelas air, berkumurlah dengan larutan itu beberapa saat setiap jam kemudian telanlah, jika rasa sakitnya berkurang ulangi berkumur setiap 2 – 3 jam sekali.
MINUMAN SEHAT SAAT SANTAI SBG PENGGANTI TEH ATAU KOPI Oleh : Ir. Nurhadi Chemical Eng. Kelion Equatrorial Mining 
Tambahkan 2 sendok makan Cuka Apel dan gula/syrup secukupnya pada segelas air, lebih segar bila disajikan dalam keadaan dingin atau tambahkan es batu.
MENCEGAH KERACUNAN MAKANAN/ALERGI Oleh : Tiny Lugman Luntong dalam Rahasia Cuka apel sebagai Obat 
Siapkan campuran 2 sendok makan Cuka Apel dengan 1 gelas air, minum sebelum makan makanan yang diyakini bisa menimbulkan alergi atau sebagai pencegah kemungkinan terjadi keracunan.
MENGURANGI GANGGUAN ASTMA Oleh : Tiny Lugman Luntong dalam Rahasia cuka apel sebagai Obat 
Campurkan 1 sendok makan CA pada 1 gelas air, diminum/dihirup sedikit-sedikit selama 1/2 jam. Setelah 1/2 jam berlalu, perlakuan tersebut diulangi lagi sampai bunyi ngik-ngiknya/nafas yang tersengal-sengal menghilang. Jika rasa tersengal masih ada, dapat diminum gelas ke dua dari campuran yang sama dengan cara minum seperti semula. Diikuti dengan menarik nafas dalam-dalam akan sangat membantu penyembuhan tersebut.
MENANGGULANGI KEHILANGAN DARAH Refrence : Rubrik Surabaya Pagi Alternative Madicine 
Pada saat aliran darah seseorang yang bersifat persistent, tiba-tiba mengeluarkan darah dari hidung (Mimisan) tanpa sebab yang diketahuinya, segera ditanggulangi dengan meminum campuran 2 sendok Cuka Apel dengan air sebanyak 3 kali sehari.
Sedangkan kehilangan darah pada saat buang air besar akibat radang usus besar ( Colitis ) dapat diatasi dengan minum campuran 2 sendok Cuka Apel dan 2 sendok madu murni dengan air 1 gelas air , diminum 3 kali sehari.
MENCEGAH GANGGUAN MATA Refrence : Rubrik Surabaya Pagi Altyernative Madicine 
Mata Berair pada Usia Lanjut :
Campurkan 4 sendok makan Cuka Apel dengan air 1 gelas, tetesi 2 ml larutan iodium, minum 1 kali sehari pada saat makan selama 2 minggu.
Mata Capek/sakit :
Campurkan 2 sendok makan Cuka Apel dan 2 sendok makan madu murni kedalam 1 gelas air, minum campuran tersebut sebanyak 3 kali sehari.



Golden Raisin Jumbo

Kismis adalah buah anggur yang dikeringkan. Kismis sangat manis, hal ini disebabkan oleh kepekatan gula yang tinggi dan bila disimpan terlalu lama, maka gulanya akan membentuk kristal di dalam buahnya.
Sebanyak 60% berat kismis terdiri dari gula, separuhnya fruktosa, dan separuhnya lagi glukosa. Kismis sangat tinggi akan kandungan antioksidannya dibandingkan dengan buah prune dan aprikot. Kismis sendiri telah lama digunakan sebagai SUMBER DIET untuk mendapatkan acid lemak dan tokoferol sebagai antioksidan.


Beberapa khasiat dan kegunaan kismis sebagai berikut:


Melindungi hati
Memperbaiki sirkulasi (termasuk bagi kondisi seperti varicose veins, bengkak, lebam (bruise), dan pandangan kabur)
Melancarkan pembuangan air besar
Memperbaiki tone dan kekenyalan kulit
Melawan bakteria mulut yang menyebabkan sakit gigi

Saran penyajian:
Raisins Golden dapat dikonsumsi langsung seperti makanan ringan yang menyehatkan dimana saja anda berada. Anda juga dapat menambahkannya ke dalam menu anda sehari-hari seperti muesli / oatmeal, jus buah, smoothies ataupun eskrim low-fat anda.
Salah satu cara yang umum digunakan untuk mengkonsumsi Raisins Golden sebagai pereda nyeri adalah dengan merendamnya dengan Gin selama satu minggu, karena Gin mengandung Juniper Berries yang juga berfungsi sebagai anti-peradangan.
Anda dapat mengganti Gin dengan Apple Cider Vinegar atau cuka apel, karena apel juga mengandung anti oksidan dan anti-peradangan. Rendamlah Raisins Golden dengan cuka apel 2 bagian dan tambahkan madu 1 bagian untuk menawar rasa pahit dari cuka apel. Konsumsilah 10 buah Raisins Golden yang telah direndam Gin/Appel Cider Vinegar tersebut per hari untuk meredakan nyeri akibat arthritis.

Seedless Raisin

Kismis adalah anggur yang dikeringkan dan bisa dimakan secara langsung ataupun digunakan dalam masakan. Meski ukurannya kecil, namun kandungan kalorinya besar karena berisi gula yang tergolong tinggi.

Kandungan Gizi Kismis
Menurut weightlossforgood.co.uk, dalam setiap 100 gram kismis terkandung air (g) 14,9; energi (kal) 302; protein (g) 3,39; lemak total (g) 0,46; abu (g) 1,66; karbohidrat (g) 79,52; total serat (g) 4; gula (g) 59,19; kalsium (mg) 53; zat besi (mg) 1,79; magnesium (mg) 35; fosfor (mg) 115; potasium (mg) 746; sodium (mg) 12; zinc (mg) 0,32; tembaga (mg) 0,363; mangan (mg) 0,308; selenium (mkg) 0,7; vitamin C (mg) 3,2; riboflavin (mg) 0,19; niasin (mg) 1,142; folat (mkg) 3; vitamin K (mkg) 3,5; dan vitamin E (mkg) 0,12.

Manfaat Kismis
Dengan begitu banyaknya kandungan gizi yang ada pada kismis, maka tak mengherankan jika ada banyak sekali manfaat yang bisa didapat dari mengonsumsi kismis, seperti yang dikutip dari laman Boldsky berikut ini:


Polifenol antioksidan seperti katekin dalam kismis memerangi radikal bebas yang membentuk sel-sel tumor dalam tubuh dan menyebabkan kanker usus besar.


2. Perawatan gigi
Kandungan asam oleanolic dalam kismis melindungi gigi dari pembusukan serta mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau mulut, penyakit periodontal dan radang gusi.


Karena kismis kaya serat, kismis mempromosikan efek pencahar yang mengurangi sembelit.


4. Obat anemia
Karena mengandung zat besi, vitamin B kompleks dan mineral lainnya yang meningkatkan jumlah darah.


5. Membentuk tulang yang kuat
Kismis kaya zat besi dan kalsium, membantu mendapatkan tulang yang kuat dan sehat. Wanita setelah menopause harus memiliki kalsium untuk mencegah osteoporosis.


6. Membersihkan perut
Kismis kaya serat, mencerna dengan mudah dan juga membersihkan saluran pencernaan dengan membilas racun dan bahan limbah.


7. Merawat kesehatan mata
Kandungan fitonutrien dan antioksidan dalam kismis baik untuk mata. Kismis bisa mencegah kerusakan mata yang disebabkan karena radikal bebas.


8. Mengurangi keasaman lambung
Mengandung potasium dan magnesium yang mengurangi keasaman dan membantu pencernaan.

9. Meningkatkan energi tubuhSarat dengan glukosa dan fruktosa yang mempromosikan penyerapan vitamin esensial. Ini meningkatkan sistem kekebalan tubuh


10. Mencegah dan menangani disfungsi ereksi
Pria dengan masalah seksual baik untuk mengkonsumsi kismis. Karena kismis mengandung asam amino bernama arginin yang meningkatkan libido.

Kacang Brazil

  • Kacang brazil sebanyak 100 gram mengandung kira-kira 687 kalori, dan kandungan lemak total 68 sampai 69 persen. Persentase lemak tertinggi adalah lemak tak jenuh tunggal yang merupakan lemak yang sehat untuk jantung. Asam lemak tak jenuh tunggal membantu mengendalikan kolesterol jahat atau LDL serta meningkatkan kolesterol baik atau HDL dalam tubuh. Kedua asam lemak esensial yang dikandung kacang ini adalah asam oleat dan asam palmitoleat. Namun perlu diketahui kacang ini dikatakan relatif membuat gemuk, jika dimakan terlalu banyak.
  • Manfaat kesehatan kacang Brazil dikenal sedunia, karena fakta bahwa kacang ini adalah sumber terkaya mineral selenium. Hanya satu ons kacang ini mengandung 544 mcg. Selenium sendiri bukan merupakan antioksidan, tetapi bekerja sama dengan vitamin E dan merupakan bagian dari enzim antioksidan yakni glutation dan glutation peroksidase.
  • Penelitian medis telah membuktikan bahwa selenium di kacang Brazil dapat membantu dalam perlindungan terhadap penyakit jantung. Mineral kuat ini ditemukan di tanah di mana pohon-pohon kacang ini tumbuh. Orang-orang yang tinggal di daerah tersebut diketahui memiliki kasus penyakit jantung lebih rendah. Selenium mengaktifkan enzim yang membantu dalam detoksifikasi lemak tengik dalam membran. Pembekuan darah abnormal dapat dicegah jika cukup selenium dikonsumsi.
  • Selenium juga efektif dalam mengurangi risiko kanker payudara, kanker prostat, dan kanker lainnya. Selain itu juga dapat membantu mempertahankan berfungsinya tiroid dan baik untuk membangun sistem kekebalan tubuh.
  • Banyak protein makanan yang kita konsumsi tidak mengandung asam amino penting yang disebut Metionin, yang hadir dalam kacang Brazil. Metionin sangat penting dalam memerangi penyakit kronis, sirosis hati, penyakit arteri koroner, dan penuaan dini.
  • Kacang Brazil juga mengandung mineral sehat seperti kalsium, mangan, fosfor, tembaga, kalium, seng, dan besi. Selain itu juga mengandung sejumlah asam lemak omega 6.
  • Seperti buah-buahan kering bergizi lainnya, kacang Brazil tinggi protein, serat dan vitamin. Vegetarian dapat mengkonsumsi kacang ini sebagai sumber protein tambahan.

Pine nut 

Pine nut adalah biji-biji dari pohon pinus. Melihat nama asingnya, mungkin cukup pas kalau pine nut ini diindonesikan menjadi kacang pinus, meskipun sebutan itu belum lazim. Selain pine nut, ada juga biji-biji dari berbagai jenis tanaman pinus yang banyak tumbuh di berbagai bagian dunia.
Seperti pignoli, pinyon nut, Indian nut, biji-biji pinus ini terdapat dalam buah pinus yang berbentuk kerucut. Untuk memanen bijinya, kerucut buah pinus dijemur. Setelah kering, biji-bijinya akan lepas bertebaran. Biji-biji ini yang kemudian dipecahkan. Karena untuk memperoleh bijinya memerlukan proses yang agak sulit, maka harga kacang pinus ini cukup mahal. Kacang pinus mengandung 14 persen protein.
Kandungan mineral dan lemak sehatnya menjadikan kacang pinus efektif sebagai makanan pembentuk basa dalam darah dan jaringan tubuh. karena itu, kacang pinus secara konvensional oleh penduduk negara-negara Barat disebutkan dapat berfungsi sebagai pelumas bagi paru-paru dan usus besar. Sering menyantap kacang pinus dapat membantu menggenjot sistem kekebalan tubuh.
Manfaat dari Pine Nuts :


  • Masalah sistem saraf karena kandungan vitamin B1 dan asam lemak essensial. Sangat Baik untuk meringankan stress dan depresi dan juga mahasiswa dan pekerja yang banyak menggunakan pikiran
  • Mencegah anemia dan kondisi tubuh lemah karena kandungan nilai nutrisinya yang tinggi
  • Penyakit jantung dan pengerasan pembuluh darah karena kandungan asam lemaknya yang baik untuk pembuluh arteri.
Sangat bermanfaat apabila dikonsumsi mentah




Walnut

Orang Cina menyebut walnut sebagai longevity fruit. Bukan semata-mata karena pohonnya bisa berumur beberapa ratus tahun, tapi karena walnut secara kultural termasuk salah satu makanan untuk mencapai umur panjang.
Ada tiga jenis walnut. Yang paling populer adalah persian walnut. Ada lagi black walnut yang warnyanya lebih gelap. Walnut jenis lain adalah butter nut yang sering juga disebut white walnut. Butter nut lebih berminyak dan rasanya lebih manis daripada jenis yang lain.
Walnut mengandung 60 persen lemak dan 20 persen protein. Sebagian besar kandungan lemaknya adalah lemak sehat linolenat omega-3). Menyantap segenggam walnut setiap hari, yang mengandung 2 gram omega-3, dapat mencegah serangan jantung.
Dalam walnut juga tersimpan magnesium, mangan, dan tembaga. Pada walnut juga didapatkan asam ellagat, jenis flavonoid yang dapat mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. Fitosterol pun terdapat dalam jumlah berlimpah dalam walnut. Kandungan fitosterol ini dapat berperan sebagai pelindung jantung, serta memperkuat paru-paru dan ginjal. Kandungan seratnya yang tingi membantu gerak peristaltik usus besar.

Goji Berry 

Goji berry mengandung banyak phytochemical termasuk polisakarida, sterol dan zeaxanthin, serta antioksidan seperti beta karoten, lutein, likopen, dan vitamin C.

Goji Berry juga mengandung banyak mineral seperti kalsium, kalium, seng, besi, dan selenium.

Goji berry dapat dimakan baik mentah atau diseduh menjadi teh. Goji berry kering rasanya mirip dengan kismis, meskipun kurang manis dan lebih kering.

Goji Berry tersedia dalam bentuk segar, kering, jus, atau bubuk.

Goji berry sering digunakan di Cina sebagai bahan dalam sup, sedang daun dan tunas mudanya dikonsumsi sebagai sayuran. Pada kenyataannya, bahkan anggur Cina dibuat dari goji berry.

Kandungan yang terdapat pada Goji Berry :

Kaya vitamin C
Goji berry memiliki kandungan vitamin C lebih banyak dibanding jeruk. Dengan mengonsumsi goji berry, Anda dapat memenuhi kebutuhan vitamin C setiap hari.

Asam amino
Para vegetarian seringkali tidak dapat memenuhi kebutuhan protein mereka setiap hari. Maka dari itu, Anda butuh buah goji berry karena mengandung 18 asam amino yang berbeda.

Melawan Keriput (Anti Aging)
Inilah rahasia cantik wanita China. Perawatan kecantikan kuno di China memanfaatkan buah ini untuk maskert wajah yang kaya antioksidan.


Asam Lemak Omega-6

Asam lemak omega-6 sama baiknya dengan asam lemak omega-3. Goji berry mengandung banyak asam lemak omega-6 yang membawa kolesterol baik ke dalam tubuh.


Vitamin E

Vitamin E biasanya terkandung dalam kacang-kacangan dan minyak esensial. Namun, goji berry mungkin satu-satunya buah di planet ini yang mengandung vitamin E.


Mineral

Goji berry juga mengandung beberapa mineral langka. Sebut saja seng dan selenium. Selenium tidak dapat ditemukan di sembarang makanan. Jenis mineral ini sangatlah langka.


Anti-infeksi

Goji berry memiliki dua sifat penting yakni anti-bakteri dan anti-jamur. Oleh karenanya, buah ini dapat memberi perlindungan terhadap infeksi.


Karoten

Ternyata, goji berry memiliki lebih banyak kandungan beta-karoten daripada wortel. Senyawa ini memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan mata dan kulit Anda.
Pecan

Ukurannya kira-kira sebesar jempol pipih orang dewasa. Cincangan kacang renyah yang rasanya gurih ini biasanya digunakan sebagai campuran kue kering atua cake, bahkan sering ditaburkan di atas es krim yang biasa disajikan di kafe-kafe.
Pecan (baca : piken) mengandung 65-70 persen lemak sehat. Kira-kira 65 persennya berupa asam lemak oleat (omega-9) dan 26 persen asam lemak linoleat (omega-6). Dalam Journal of Nutrition September 2001 dilaporkan hasil riset tim dari Loma Linda Universty AS terhadap khasiat pecan dalam menurunkan kadar lemak darah. Kepada para pengidap hiperlipidemia (kelebihan para pengidap hiperlipidemia (kelebihan kadar lemak darah) diberi pecan 20 persen dari total kebutuhan kalori. Setelah dua minggu, kadar kolesterol total mereka rata-rata menyusut 11,3 persen, kadar kolesterol “jahat” LDL berkurang 16,5 persen. Walaupun pecan berlimpah lemak, ternyata para responden tidak mengalami kenaikan berat badan.
Penelitian lain terhadap khasiat pecan sebagai makanan pereda hiperlipidemia dilakukan oleh tim dari New Mexico University AS, sebagaimana dilaporkan dalam Journal of the American Dietetic Assosiacion 2000. Percobaan dilakukan terhadap responden yang memiliki kadar lemak darah normal, dengan memberikan segenggam pecan per hari selama delapan minggu. Hasilnya, pecan menurunkan kadar kolesterol total empat persen dan kolesterol “jahat” LDL enam persen.
Dari semua jenis kacang-kacangan, pecan termasuk dalam kelompok yang mengandung lemak tertinggi dan kaya akan protein nabati. Dalam hasil riset lain disebutkan, pecan juga mampu memperbaiki sistem saraf dan sangat berguna dalam memperbaiki sel-sel yang rusak dalam kasus penyakit jantung. Hal ini dikerenakan pecan kaya dengan kandungan vitamin E yangn terikat dalam lemak sehat, yang merupakan antioksidan kuat

Pearl Quinoa

Manfaat dan Kandungan Quinoa :

1. Sumber Kalsium
Selain merupakan sumber yang baik dari protein, quinoa juga merupakan sumber kalsium yang baik. Kualitas proteinnya hampir setara dengan ASI. Ini membuat quinoa baik bagi tulang Anda, terutama para wanita karena rentan terhadap osteoporosis. 

2. Membantu Mengurangi Berat Badan
Karena karbohidrat kompleks dan kandungan seratnya, quinoa sangat ideal untuk orang-orang yang sedang menjalani program diet dan ingin mengurangi berat badan ataupun yang ingin mempertahankan berat badan yang sehat. 

3. Sumber Fiber
Berlawanan dengan kepercayaan populer, quinoa bukanlah sereal. Bijian ini lebih tepat bila disebut ‘keluarga’ bayam. Oleh karena itu, quinoa menyediakan sejumlah serat yang membantu pencernaan dan mencegah sembelit. 

4. Sumber Protein
Quinoa adalah sumber kaya protein yang berkualitas baik. Protein yang ditawarkan meliputi sembilan asam amino esensial yang membangun dan memperbaiki sel-sel tubuh Anda. 

5. Membantu Menjaga Kadar Gula Darah
Quinoa mengandung karbohidrat kompleks yang dianggap sebagai karbohidrat baik karena tidak secara tiba-tiba meningkatkan kadar gula dalam darah Anda. Dan justru membantu mempertahankan kadar gula darah. 

6. Baik untuk Jantung dan Pembuluh Darah
Makanan sehat ini merupakan sumber magnesium yang baik, mineral penting yang diperlukan untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. 

7. Sumber Riboflavin
Quinoa adalah sumber Riboflavin, vitamin B12 yang sangat penting untuk menjaga kesehatan. 

8. Kaya Mineral
Quinoa mengandung banyak mangan dan tembaga, mineral penting berupa antioksidan yang membantu tubuh Anda tetap sehat.

9. Membantu Mengurangi Kadar Kolestrol
Quinoa mengandung nutrisi yang membantu menurunkan kadar kolesterol darah dan karenanya dianggap baik untuk jantung. 

TIP OLAH
• Sama  seperti memasak nasi, masak quinoa bersama air dengan perbandingan 1:2 di atas api sedang hingga airnya menyusut. Kecilkan api, tutup panci. Masak hingga matang.
• Ganti air dengan kaldu ayam atau kaldu sayuran agar lebih lezat.
• Untuk menghilangkan pahit pada quinoa, cuci 2-3 kali

FYI :
Zat lainnya, seperti vitamin, B, E, folat, kasium, fosfor, mangan, tembaga, zat besi, kalium, seng, serat, protein, dan saponin menjadi alasan tepat untuk memberikan quinoa pada bayi. Apalagi kandungan seratnya yang tinggi dapat membantu memperlancar pencernaan dan mencegah konstipasi.
Sebagai produsen terbesar di dunia, Bolivia mengusulkan pengangkatan quinoa sebagai makanan tahun 2013 pada konferensi Food and Agriculture Organization of United Nations ke-37. Alhasil, PBB menetapkan tahun tersebut sebagai International Year of Quinoa.



1. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Oatmeal merupakan  biji-bijian gandum utuh yang dapat menurunkan risiko berbagai penyakit, termasuk tekanan darah tinggi dan diabetes tipe 2. Oatmeal juga mengandung lignan, yaitu senyawa kimia yang telah ditemukan dapat mencegah penyakit jantung. The Dietary Guidelines for Americans 2010 merekomendasikan makan biji-bijian untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu, biji-bijian seperti gandum merupakan sumber zat besi, magnesium dan vitamin.

2. Menurunkan kolesterol

Mengkonsumsi oatmeal dapat menurunkan kolesterol, terutama kadar LDL atau kolesterol “buruk” dalam darah. Seseorang yang telah didiagnosa mengalami kolesterol tinggi, mulailah mempertimbangkan untuk menambahkan oatmeal pada menu harian misalnya, sebagai pilihan menu sarapan. Tidak heran ia memiliki kemampuan super untuk mencegah berbagai penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskular.

3. DIET (sangat ampuh menurunkan berat badan)

Oatmeal merupakan sumber serat yang rendah kalori yang sangat populer untuk orang yang sedang menjalankan program diet. Ketika mengkonsumsi oatmeal untuk sarapan, perut akan merasa kenyang untuk waktu yang lama. Sarapan dengan jenis makanan yang tinggi gula dan lemak akan membuat perasaan kenyang dengan  jangka waktu yang lebih singkat, lalu akan lapar lagi. Sarapan pagi, yang terdiri dari oatmela dicampur dengan potongan buah pisang misalnya, dapat mengenyangkan  tanpa khawatir akan lapar sampai waktu makan siang. SUPER efektif untuk anda yang sedang menjalankan program diet

4. Sangat baik untuk diabetes


Oatmeal merupakan jenis makanan olahan gandum yang sangat baik untuk penderita diabetes, malahan makanan ini sangat disarankan untuk penderita diabetes. Terlebih ia juga memiliki kandungan serat yang sangat tinggi sehingga dapat membantu memberikan tubuh metabolisme dan keseimbangan gula darah.

5. Penuh Dengan Antioksidan


Oatmeal sangat tinggi kandungan antioksidan yang sangat penting untuk menjaga tubuh dari tebaran radikal bebas hingga memberikan dampak pada kecantikan, kesehatan, dan menjadi penyebab penyakit mematikan seperti kanker.

6. Mencegah pengerasan Arteri

Ketika kita bicara kardiovaskular, yang terbaik teringat di kepala pastinya adalah jantung, dan saluran saraf. Kandungan avenanthramides merupakan salah satu pencegah penyakit jantung, tidak hanya itu mereka memiliki fungsi utama yaitu mencegah arteri dari pengerasan. Zat ini adalah antioksidan yang dapat mencegah/mengurangi produksi molekul yang dapat menyebabkan monosit untuk mematuhi dinding arteri sehingga terjadi pengerasan.
Penelitian juga menunjukkan bahwa wanita menopause yang makan enam porsi biji-bijian seminggu mengurangi risiko terserang atherosclerosis, yang merupakan salah satu penyakit penumpukan plak di sepanjang dinding dari arteri, dan memperlambat perkembangan stenosis, yang menyebabkan lorong-lorong dari arteri menyempit hingga menyebabkan terjadinya serangan jantung dan stroke.

7. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi (hipertensi)

Lagi-lagi kandungan serat dalam oatmeal yang sangat tinggi berperan besar dalam memaksimalkannya untuk kesehatan tubuh manusia. Salah satunya adalah untuk mengurangi tekanan darah tinggi atau yang lebih dikenal dengan istilah medis hipertensi.

8. Mencegah Kanker

Fungsi dari serat dalam makanan kaya gizi ini tidak hanya berhenti pada sistem pencernaan. Apa yang akan anda dapatkan jika memiliki pencernaan yang sehat serta metabolisme yang lancar ? tentu jawabannya adalah mencegah penyakit kanker. Selain itu kandungan antioksidan dalam oatmeal sangat ampuh unutk mencegah kanker.

9. Menstabilkan tekanan gula darah

Serat memang tidak ada batasnya untuk memberikan tubuh nilai kesehatan, selain untuk pencernaan dan metabolisme tubuh, serat juga memiliki peran tuntuk menstabilkan tekanan gula darah dalam tubuh. Jadi jika anda mengkonsumsi banyak manisan, ada baiknya mencoba konsumsi makanan tinggi serat ini untuk membantu menstabilkan gula darah yang anda asup.

10. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Terlepas berbagai kandungan yang sangat menyehatkan, oatmeal mengandung nutrisi berbagai antioksidan yang penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Antioksidan ini juga mampu menyehatkan tubuh secara fisik seperti kulit sampai dengan mencegah dari berbagai penyakit.

11. Dapatkan kulit yang sehat

Dengan konsumsi oatmeal secara rutin anda secara tidak langsung telah melakukan treatment terhadap kulit anda. Kandungan antioksidan yang tinggi akan membantu berbagai lapisan kulit mengeluarkan radikal bebas akibat paparan sinar matahari ataupun polusi.
Mencoba oatmeal sebagai menu sarapan anda dapat dibuat dengan menggabungkan buah atau kacang dengan oats akan menambah lebih banyak nutrisi. Rempah-rempah seperti kayu manis dan pala bisa memberikan rasa yang lebih lezat untuk oatmeal. Batasipemakaian gula dan biarkan rasa alami dari buah-buahan dan juga rempah-rempah yang mengambil alih. Cobalah berbagai resep berbeda untuk menghidangkan oatmeal disetiap menu makanan anda.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar